Kamis, 02 Agustus 2012

tabel cellsize

TABEL

Fasilitas tabel pada Microsoft Word 2007 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, namun
pada versi ini penggunaan tabel sangat membantu dalam pembuatan aplikasi formulir, pengolahan
data, dan pembuatan kalendar serta masih banyak yang lain dari penggunaan fasilitas tabel.


Tabel merupakan kotak-kotak sel yang disusun dalam baris dan kolom, yang bermanfaat untuk banyak pekerjaan seperti menyajikan informasi dalam bentuk teks atau data numerik. Tabel dapat diatur susunannya sesuai keinginan Anda.

Membuat Sebuah Tabel

Untuk membuat sebuah tabel, langkahnya ialah sebagai berikut:
  • Tempatkan kursor pada halaman dimana Anda ingin membuat tabel baru.
  • Klik tab Insert pada Ribbon
  • Klik tombol Tables pada grup Tabel . Anda dapat membuat tabel melalui salah satu dari empat cara berikut :
  • Sorot jumlah baris dan kolom, kemudian lepaskan mouse setelah ukuran tabel sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Klik Insert Table dan masukkan jumlah kolom (Number of columns) dan jumlah baris (Number of Rows) pada kotak yang disediakan pada kotak dialog Insert Table.

     
  • Klik Draw Table, buat tabel Anda dengan cara mengklik dan menggambar baris dan kolom yang Anda inginkan .

1. Drag (geser) kursor membentuk persegi empat untuk membuat sebuah sel tunggal atau membuat batas tabel.
 

2. Gambarkan garis horisontal untuk membuat baris.
 

3. Gambarkan garis vertikal untuk membuat kolom.
 

4. Gambarkan garis diagonal untuk membagi sel.



  • Klik Quick Tables dan pilih desain tabel yang tersedia. Anda dapat menghapus contoh data pada tabel dengan cara menyorot tabel kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.
 


Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
Table size : Ukuran table.
Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
Number of rows : Tentukan jumlah baris
AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
OK
  • Langkah-langkah mengkonversi teks menjadi sebuah tabel:
  1. Sorot dan pilih teks yang akan dikonversi
  2. Klik ikon Table, pilih Convert Text to Table
  1. Pada ribbon bar Convert Text to Table, sesuaikan kebutuhan tabel
  2. Pada kolom Separate text at, pilih parameter berdasarkan kebutuhan
  3. Klik OK.


  • Cara Menghapus Sel, Baris, Kolom atau Tabel
  1. Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, klik Delete.
    2. Tentukan pilihan, apakah akan menghapus sel, kolom, baris atau tabel.
Cara Menggabungkan dan Membagi Sel pada Tabel
  • Menggabungkan sel
      1. Pilih sel-sel yang akan digabungkan.
      2. Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Merge Cells.
    • Membagi sel
    1. Klik sebuah atau beberapa sel yang akan dibagi.
    2. Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Split Cells.
    3. Masukkan jumlah kolom atau baris yang ingin dibagi.
    4. Centang kotak merge cells before split, apabila sel yang ingin dibagi lebih dari satu.
      Misalnya, ada 2 sel yang akan dibagi menjadi 4. Bila kotak ini dicentang maka sel akan digabung dahulu baru kemudian dibagi. Sebaliknya bila kotak ini tidak dicentang, maka masing-masing sel akan dibagi 4 sehingga jumlah sel baru adalah 8.

  • Klik style yang ingin digunakan.
    1. Di bagian Table Style Options grup, centang kotak elemen tabel yang ingin digunakan, seperti Header Row, Total Row, dan lain-lain.

Memberi Penomoran Pada Sel di Tabel
  1. Pilih sel pada tabel yang akan diberi nomor.
    Tip: Untuk memberi nomor pada setiap baris, klik pada kolom pertama.
  2. Pada Home tab, Paragraph grup, klik Numbering.
Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Convert Text to Table untuk menampilkan kotak dialog. Pengaturannya seperti di gambar berikut ini.






Membuat Tabel open office writer

Tabel dibangun dari kolom dan baris, terdiri dari sel yang dapat diisi oleh teks dan grafik. Tabel digunakan untuk memudahkan penampilan informasi Langkah Pembuatan:
1. Klik mouse dimana table akan dibuat
2. Klik Table pada Menu Bar, pilih Insert Table atau tekan Ctrl+12
3. Klik dan drag 6 baris dan 4 kolom
4. Ketik data pada setiap sel 
5. Tekan TAB atau panah pada keyboard untuk berpindah ke sel berikutnya
     
Gambar 2.1 OpenOffice.org Writer

  • Menggabungkan Sel
Menggabungkan dua sel atau lebih pada kolom dan baris
Blok sel yang akan digabung
Klik kanan, pilih Cell -> Merge.


Microsoft word 2003
  • Membuat Tabel
    Langkah-langkah membuat tabel adalah sebagai berikut :
    1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan
    2. Klik Table pada menu Pull Down.
    3. Pilih /klik Insert
    4. Pilih/klik Table, dilayar muncul kotak dialog Insert Table sebagai berikut:



  • Isikan jumlah kolom pada kotak Number of columns dan jumlah baris pada kotak
    Number of Rows sesuai dengan yang diinginkan.
  • Agar tabel dapat menyesuaikan lebarnya dengan teks pengisinya, maka klik pada
    Autofit to contents lalu klik OK
  • Ketiklah teks di dalamnya dan untuk berpindah antar kolom/baris gunakan tombol
    panah dari keyboard.
  • Untuk mengatur agar teks centre secara vertikal atau secara horisontal, blok atau
    range kolom/baris yang akan diedit, buka menu Table – Properties – Cell , pilihlah
    centre secara vertikal atau horisonta
    Sebagai latihan buatlah tabel dibawah ini:
  • Untuk menghitung angka-angka di dalam tabel dapat digunakan pula dengan Word,
    hanya saja jika datanya banyak atau perhitungannya rumit akan lebih efektif jika
    menggunakan pengolah angka yang sesungguhnya seperti Excel.
    Cara menghitung menggunakan Word adalah sebagai berikut :
    1. Letakkan kursor text di cell dimana nantinya sebagai tempat hasil perhitungan.
    2. Klik menu Table
    3. Klik Formula, muncul kota dialog Formula
    4. Ketikkan di dalam kotak Formula rumus-rumus perhitungan misal : untuk
    menjulah harga total Mainboard tuliskan =350000*24
    5. Klik OK
    Untuk membuat total secara vertikal, gunakan rumus =sum(above).
    Untuk membuat total secara horisontal, gunakan rumus = sum(left)
    1. Menghapus Table.
    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
    1. Blok semua tabel yang akan dihapus.
    2. Klik menu Table
    3. Klik Delete
    4. Klik Table.
    2. Pada kotak dialog Insert table atur:
    Table size:
    Number of columns (banyaknya kolom)
    Number of rows (banyaknya baris)
    Klik OK

    3. Untuk memulai mengetik klik sel yang akan anda masukkan teks kemudian mulai mengetik, untuk berpindah sel, bisa gunakan tombol Tab atau panah (di keyboard)
    4. Untuk menambah baris, arahkan kursor ke posisi paling kanan bawah (di luar tabel), kemudian tekan enter, maka baris akan bertambah.
      Daftar Pustaka
    • modul pembelajaran microsoft word 2007 tingkat dasar (2011)
    • modul pembelajaran microsoft word 2003 tingkat dasar (2011)
    • open office.org writer ( Jean hollis weber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar